Ruang Lingkup Sarana Prasarana Macam Perabot Kantor

Ruang Lingkup Sarana Prasarana, Macam-Macam Perabot Kantor Dan Latihan Soal


Seorang manajer kantor tidak akan mendapatkan hasil apabila tidak ditunjang dengan sarana prasarana yang baik. Bagaimanapun juga sarana prasarana yang baik dan memadai sangat membantu terhadap proses pekerjaan kantor.

Ruang lingkup sarana prasarana kantor meliputi :

1. Sarana/ peralatan kantor

Peralatan kantor merupakan segala macam barang kantor yang dipergunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan yang diharapkan. Pekerjaan administrasi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan tulis menulis. Untuk dapat terlaksananya pekerjaan tersebut diperlukan berbagai macam peralatan. Setiap meja kerja dikantor perlu dilengkapi dengan macam-macam peralatan untuk pelaksanaan administrasi dengan sebaik-baiknya.
Peralatan administrasi kantor terdiri 2 macam yaitu :
Peralatan yang habis pakai dan peralatan yang tahan lama. 
a. Peralatan habis pakai (office supplies)
Yaitu barang-barang yang hanya dapat digunakan satu kali pakai. Contohnya : kertas, pulpen, pensil, amplop, tinta, penjepit kertas, penghapus, macam-macam map, steples, mistar, lem, blanko surat. 
b. Peralatan tahan lama                                                                                                                                             Yaitu barang-barang yang digunakan berulang kali dalam pemakaiannya. Contohnya : pelubang kertas (perforator), stepler, pembuka surat, gunting, pemotong kertas, cap tanggalan, telepon, lemari, arsip, tancapan surat, tanggalan meja, bantal cap. 

2. Perabot kantor (office furniture)

Perabot kantor disebut juga perkakas kantor, yaitu segala macam peralatan kantor yang berhubungan dengan tulis msnulis dan penyimpanan hasil pekerjaan kantor. Perabot yang paling pokok untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan kantor dan diantaranya :
a. Meja
b. Kursi
c. Lemari
d. Filling cabinet
e. Rak buku

Dari berbagai macam perabot kantor tersebut ada 2 macam perabot kantor yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Yaitu meja dan kursi karena apabila dari satu perabot tersebut tidak ada maka pekerjaan kantor, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan tulis menulis tidak dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

Drs. The Liang Gie mengemukakan bahwa ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk semua meja tulis yang baik yaitu sebagai berikut :
a. Dari permukaan meja sampai ke lantai tidak seluruhnya tertutup bagian bawahnya harus mempunyai kaki-kaki pegawai yang cukup terbuka. Dengan demikian peredaan udara dapat langsung secara lancar dan bagian kaki pegawai yang memakainya tidak terasa panas, juga meja kerja yang terbuka bagian bawahnya memudahkan pembersihan lantai. 
b. Permukaan meja tidak mengkilat, sehingga tidak menghilaukan mata pegawai yang memakainya permukaan ini hendaknya tidak berwarna hitam/ gelap melainkan sebaiknya digunakan warna terang perterangan yang tajam antara meja yang gelap dan warna kertas yang umumnya putih. 
c. Luas meja tidak berlampau berlebihan meja yang terlampau luar dalam prakteknya tidak dipergunakan untuk bekerja.

Latihan 1 soal tentang sarana prasarana 

1. Jelaskan pentingnya sarana dan prasarana menurut kata-kata anda sendiri!
2. Sebutkan ruang lingkup sarana dan prasarana yang anda ketahui!
3. Uraiakan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk sebuah meja tulis yang baik menurut The Liang Gie!
4. Uraikan keuntungan adanya pesawat komunikasi dalam suatu kantor!
5. Jelaskan macam-macam pesawat telepon!
6. Jelaskan fungsi dari intercom yang anda ketahui! 
7. Uraikan bagian-bagian yang ada di mesin OHP!
8. Uraikan ciri-ciri mesin stensil manual! 
9. Jelaskan bentuk-bentuk tata ruang kantor yang anda ketahui!
10. Uraikan prinsip-prinsip dalam penyusunan tata ruang kantor! 

Jawaban latihan 1 

1. Penting, karena jika tidak tersedianya sarana dan prasarana suatu kegiatan tidak bisa berjalan dengan baik. 
2. Sarana/ peralatan kantor, perabot kantor
3. Dari permukaan sampai ke lantai tidak seluruhnya terhadap bagian bahannya harus punya kaki, permukaan meja tidak mengkilat, permukaan meja tidak berwarna hitam, luas meja tidak berlebihan.
4. Penyampaian komunikasi lebih cepat dan efisien, menghemat tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan diluar kantor, meningkatkan produktivitas kerja, mempercepat proses pekerjaan. 
5. Intercom, telepon, handphone, switch board, loud speaking, telepone autotering macine, dictaphone, teleks, faksimile
6. Sebagai komunikasi/ menyampaikan informasi secara efektif, memperluas saluran komunikasi dalam suatu kantor, menghindari mondar mandirnya pegawai, menghemat waktu dan tenaga. 
7. Kepala proyek, pengontrol fokus, lensa frenseil
8. Digerakkan dengan tenaga manusia, komponen dan cara kerja mekanis tinta yang digunakan berwarna hitam sheet. 
9.
Tata ruang tertutup : suatu ruang yang susunan ruang/ bekerjanya terbagi-bagi dalam beberapa bagian.
Tata ruang kantor semi tertutup : ruang yang hanya setinggi 1,5 meter.
Tata ruang terbuka : tata ruang yang semua aktivitas dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka dihiasi oleh taman, dekorasi.                                           Tata ruang gabungan : gabungan antata tata ruang tertutup, terbuka, berpanorama dan bersekat.
10. 
- Pekerjaan harus terus-menerus (garis lurus)
- Bagian yang berfungsi sama diletakkan berdekatan.
- Aliran pekerjaan harus sederhana (menghindari hilir mudik)
- Perlengkapan kantor harus dekat dengan pegawai yang menggunakan.
- Menyusun meja harus sedemikian rupa.
- Kesatuan yang berhubungan dengan masyarakat.
- Hendaknya tempat-tempat arsip kantor berada pada dinding/ susun tangga.
- Bagian tata usaha diletakkan ditengah-tengah

Komentar

Blog Lainnya