Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Pengertian Contoh

Dapatkah Kalian Yang Ingin Membuat Lamaran Pekerjaan Namun Tidak Tahu Apa Itu Surat Lamaran Pekerjaannya Itu Sendiri, Maka Dari Itu Kita Simak Materi Ini Dengan Memberitahukan Pengertian Surat Lamaran Kerja Itu Apa, Jenis-Jenis Surat Lamaran Pekerjaan, Sumber-Sumber Lowongan Kerja Itu Apa Saja, Dan Mengetahui Unsur-Unsur Lamaran Pekerjaan Agar Dalam Pembuatan Tahu Bagaimana Cara Memulainya Seperti Apa, Kemudian Hal Yang Dicantumkan Dalam Surat Lamaran Pekerjaan Biasanya Apa Saja, Adapun Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Memahami Pengertian Surat Dan Pengertian Surat Menyurat



Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan 

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan

Jenis-jenis surat lamaran pekerjaan

1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup. (Curriculum Vitae). Dalam cara ini riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan cara ini juga disebut model gabungan.
2. Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah

Sumber-sumber lamaran pekerjaan

1. Sumber lowongan pekerjaan tanpa sumber tertentu
2. Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu
3. Sumber lowongan pekerjaan dari pihak tertentu

Unsur-unsur lamaran pekerjaan

1. Kepala surat
2. Tempat dan tanggal penulisan surat
3. Salam pembuka
4. Pembuka surat
5. Tujuan surat lamaran pekerjaan
6. Lampiran persyaratan yang ditentukan
7. Penutup surat
8. Tanda tangan dan nama jelas pelamar

Hal-hal yang dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan

1. Menyebutkan sumber lamaran pekerjaan
2. Identifikasi diri lengkap dari pelamar
3. Posisi yang dikehendaki
4. Riwayat pendidikan
5. Riwayat pekerjaan (bila ada)
6. Kemampuan yang dimiliki
7. Referensi

Surat lamaran ditulis tangan diatas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan harus jelas, bersih dan tidak ada coretan. Surat lamaran pun dapat dibuat dengan menggunakan mesin tik atau komputer.
Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya. Pelamar harus menyebut pimpinan instansi dengan bapak atau ibu (jika sudah jelas pimpinannya). Apabila masih belum jelas dapat langsung menyebutkan jabatannya.

Contoh surat lamaran pekerjaan

Bandung, 05 November 2015
Kepada Yth.
Bapak/ Ibu Pimpinan
Di Tempat
Hal : Lamaran  pekerjaan

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh bahwa diperusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan, maka untuk itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Rini Andani
Tempat,tanggal lahir : Bandung, 15 Juni 2000
Pendidikan : SMK
Alamat : Jalan Babakan Cianjur Rt 005 Rw 007 Kelurahan. Campaka Kecamatan. Andir
No.Telepon : 081910570341

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu kiranya dapat menerima saya menjadi karyawan Design Grafis di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, loyalitas tinggi, jujur, ulet, cepat memahami bidang baru yang sedang dipelajari/ dikerjakan, motivasi tinggi dan bersedia ditempatkan dibagian manapun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu saya lampirkan:
1. Foto copy ijazah terakhir
2. Foto copy kartu tanda penduduk
3. Pas photo ukuran 3x4
4. Daftar riwayat hidup
5. Surat pengalaman kerja

Harapan saya, Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkannya dan saya menunggu jawabannya.Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Rini Andani

Pengertian Surat

Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak yang lain baik atas nama sendiri maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi ataupun perusahaan informasi-informasi ini dapat permintaan, laporan, pemikiran, saran-saran.

Pengertian Surat Menyurat

Surat menyurat adalah suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu kepada pihak lainnya. Dan dilaksanakan dengan saling berkirim surat. Kegiatan surat menyurat ini disebut juga dengan istilah lainnya yaitu korespondensi.

Tujuan Penulisan Surat

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap orang atau organisasi pasti mempunyai tujuan, demikian juga penulisan surat mempunyai tujuan-tujuan tertentu diantaranya:
1. Ingin menyampaikan warta atau informasi kepada pihak lain
2. Ingin mendapat balasan atau tanggapan dari penerima atau pihak yang dikirim tentang informasi yang disampaikan tersebut
3. Memperlancar arus informasi, sehingga informasi yang diterima jelas dan tidak salah tanggap

Komentar

Blog Lainnya